Jumat, 06 Februari 2015

Cara Edit Suara

BEAT HIP HOP

FL studio Part 1 drum

FL studio Part 1 drum


Kali ini saya akan share cara buat lagu yang sedikit up beat dengan FL studio. ini karena request sahabat saya juga,saya nulis ini. :D Berhubung ribet n panjang, jadi di bagi2 jadi part per part. Dan hanya dasar nya. Pertama part 1 pada drum. Chek!!
Pertama yg pasti buka FL nya. Gue pake FL 8. FL brapa aja sama aja lah..
Trus file – new. Apus template dari fl tu : kick, clap, hat, snare. (klik kanan – delete) dan Nantinya kita ganti / isi dgn sound2 instrument yg kita inginkan.
klo udah, masukan instrument alat yg mau di masukin. biasanya pertama isi suara drum dulu. pilih suara drum yg mendekati dgn selera deh.. caranya pilih / browse pilihan yg ada di sebelah kiri. Disini gue pake drums standard dari FL di packs – FPC. Test dulu suaranya (klik FPC_kick),klo cocok klik kanan dan pilih open in new channel. Dan suara kick drum (bass drum) akan masuk ke stage yg nantinya akan kita proses lg. Liat gambar 1.0

Gambar 1.0
Begitu juga selanjutnya pilih hi hat, snare, toms, cymbals, dan suara drum lain yg di inginkan. Masukan dengan cara yg sama pada kick drum tadi. Hingga tersusun seperti gambar berikut.


















Masukan beberapa variasi dari hi-hat, cymbal, toms supaya suara nya variatif. Seperti suara hi-hat buka, hihat tutup, dsb.
Kemudian satukan semua sounds drum dalam 1 grup.dgn cara mark semua sound drum dgn cara



















Trus pilih menu chanel di atas, pilih group selected. Kasih nama filter name nya drum.
Jadi semua sample sound2 drum tadi jadi 1 grup. Bisa di liat di bagian bawahnya panel2 ada tulisan all di klik, nah di situ ada grup drum.
Begitu juga nanti,instrument2 lain kaya gitar, bass, dll. Di jadiin per grup2. Biar ga ribet. N bisa di pilih bagian per grup nya di bawah panel itu nantinya. Jadi nanti ada grup gitar, bass, dll
Karna ini part 1 Cuma bagian drum aja. Langsung aja ke cara buat isi drum lagu. Kali ini contoh lagu yg mudah aja dulu, lagu dari blink-182 yang all the small thing. Old school bgt ya. Hhe
Oiya jgn lupa aktifin patern dgn cara berikut.



















Aktifin patern 1 dgn cara klik patern 1, klo aktif jd warna kuning.
Patern ini penting. buat nyatuin beat drum yg udah jadi. Jadi satu pattern. Jadi, suara kick, hi-hat,snare,dll yg udah jadi. Kaya “ dug cik tak cik du dug cik tak” jadi satu patern yg nanti jadi kaya bar bar gtu di layar patern sebelah kanan itu. Yg Di jadiiin satu patern/set. Jadi bisa buat looping / mengulang drum. Klo mau bikin beat drum yg beda lg bikin lg di patern 2 atau dan patern2 yg selanjutnya
Atur beat per bar dan tempo sesuai keinginan. Kli ini gue set beat per bar 64 dan tempo 270.00.



















Lalu mulai deh bikin beat drumnya.
Pada lagu intronya blink drum nya kan pake kick- cymbal- toms- snare.
Buat cymbal nya dulu biar gampang. Bisa jg pake metronome di menu atas. Cari aja. Hhehe.
Klik kanan bagian cymbal pada stage. Pilih fill each steps 8



















Klo yg pernah maen drum pasti ngerti dh. Jadi kaya patokan ketukan cymbal itu tadi.
Trus isi suara kick, snare, dll.
Bwt snare sama lah kira2 kaya cymbal. Klik kanan snare, flli each 16 steps. Karna ga ada pilihan nya. Bikin manual. Klik panel2 sesuai ketukan. Kaya gambar berikut.



















Trus kick nya. Buat sedemikian rupa jadi beat yg teratur sesuai tempo.
Kaya gambar ni nih



















Klik play di atas buat nge test
Klo udah. Tambah2in aja variasi pinter2nya lo biar drumnya real. Ini Cuma contoh dasar aja.
Trus satuin semua itu yg udah jadi,jadi satu patern. aktifin patern (klik yg di atas) trus klik tambah 1 bar patern di kanan itu.
Liat gambar.



















Pada patern masih keadaan aktif. Tekan 2 pada keyboard. Biar jd di perpendek barnya.
Buat lagi susunan drum lain. Karna ga mungkin susunan beat drumnya kaya gini2 aja.
Klo buat susunan beat gaya lain, aktifin patern 2 (klik patern2) bikin lg kaya tadi. Trus klik pada patern 2 di sebelah patern 1.
Atau di patern 2 timeline 5 (kolom5). Begitu juga sterusnya. Kaya gambar berikut.



Pokonya intinya “pinter2 lo aja deh” ngebagusin sound drumnya. Karna ga mungkin di jelasin semua.
Buat yg pernah maen n bisa maen drum pasti ngerti. Anggep aja bikin ini lg maen drum. Di rekam satu per satu n di susun pukulan / injekan pedal2nya. Jgn lupa biar ga cape klik2 panel2, pake fill each ? steps. Buat otomatis ngisi panel setiap 2 ,4 atau 8 per stepnya.
Gitu aja. Nanti ada lagi part 2. Ngisi sound lain.







sumber: http://klik-luk.blogspot.com/2010/04/fl-studio-part-1-drum.html

Merekam Suara dengan Komputer

Langkah-langkah:
1. Recheck pengaturan Sound and Audio Device.
Caranya:
  • Klik ganda ikon Sound and Audio Device (gambar speaker) yang ada pada taskbar di sudut kanan bawah tampilan windows atau Klik StartAccessoriesEntertainmentVolume Controll sehingga tampil jendela volume control seperti di bawah. volume controll
  • Pastikan pengaturan pada microphone volume pada posisi penuh dan panel Mute tidak terseleksi/terpilih
  • Klik menu Option (kiri atas), kemudian klik Properties sehingga tampil seperti gambar di bawah dan pastikan Microphone terseleksi/terpilih kemudian klik OK.
volume controll properties
  • Siapkan microphone/headset berkwalitas bagus (dapat dibeli toko computer/elektronika). Sambungkan jack mic/headset ke lobang (CPU bagian belakang) yang berwarna merah.
2. Aktifkan Software Aplikasi Perekam (Mulai Merekam)
Ada banyak software aplikasi perekam suara. Windows juga memberi fasilitas untuk ini dengan programnya SOUND RECORDER. Merekam suara dengan hanya mengandalkan SOUND RECOREDER-nya windows terlalu banyak kelemahan. Diantara kelemahan tersebut adalah bahwa Sound Recorder pada windows hanya untuk durasi pendek (60 detik), fasilitas editingnya pun sangat terbnatas, dan file audio hasil rekaman berformat WAV. Oleh karena itu jarang-jarang orang yang menggunakan fasilitas Windows ini. Mereka lebih suka menggunakan Cool Edit Pro yang memang sepengetahuan saya merupakan Sound Recorder dan Sound Editor dengan fasilitas yang sangat lengkap dan mudah dioperasikan. Meski demikian, tidak ada salahnya jika pada kesempatan ini diulas keduannya.
Merekam suara menggunakan Windows Sound Recorder, caranya:
  • Klik Start – Accessories – Entertainment – Sound Recorder
  • windows sound recorderKlik tombol Record (gambar bulatan kecil di kanan bawah) untuk mulai dan klik tombol stop untuk mengakhiri. Untuk memperoleh preview hasil rekaman, klik tombol play.
  • Untuk Menyimpan hasil rekaman, klik File – Save as – Ketik nama file pada kotak File Name.
  • Selesai
Merekam suara menggunakan Cool Edit Pro.
  • Pastikan computer telah terinstall Cool Edit Pro.
  • Pastikan microphone sudah terhubung pada computer dengan benar.
  • Jalankan/aktifkan program CoolEditPro tersebut. Di bawah adalah gambar tampilan Cool Edit Pro 2.0
  • cool edit proKlik tombol Record (bulatan merah di kiri bawah) untuk memulai perekaman – akan tampil jendela pengaturan seperti di bawah.
  • cep2Atur Rate, Channels, dan Resolution-nya atau biarkan pengaturan sesuai defaultnya. Klik OK dan perekaman dimulai.
  • Klik tombol Record untuk menghentikan/mengakhiri perekaman.
  • Klik tombol Play untuk mendengarkan preview hasil perekaman.
  • Jika perlu, tambahkan effect dengan cara klik menu/tombol Effect (kiri atas), pilih effect yang dikehendaki (misal Reverb) seperti gambar di bawah.cep3
  • Pilih effect yang tersedia dan klik Preview untuk mendengarkan preview-nya. Jika effect sudah sesuai seperti yang dikehendaki, klik OK.
  • Untuk menyimpan hasil rekaman, klik FileSave As (Pastikan pada kotak pilihan Save as type, terpilih mp3) ketik nama file pada kotak File Name Save (Secara default file akan tersimpan pada directory My Document, jika dikehendaki bisa diarahkan ke directory yang lain).
  • Selesai.
Catatan:
  • Untuk memperoleh hasil rekaman suara yang ideal sangat dipengaruhi oleh software dan kwalitas hardware computer (mainboard dan soundcard) serta kwalitas Microphone yang digunakan.
  • Merekam suara juga dapat dilakukan dengan menggunakan Video Editing Software yang dilengkapi dengan fasilitas rendering sebagai file audio berformat WAV, seperti Ulead Video Editor.
  • Audio berformat WAV, ukuran filenya sangat besar. File audio berformat WAV dapat dikonversi ke MP3 dengan menggunakan Audio Converter, misal: Audio Grabber.

SUMBER : Irfancahykvc.blogspot.com ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar